Anda sudah selesai membaca sebuah karya tentang studi agraria? Tuliskan kembali ringkasan bacaan Anda dan kirimkan ke : studiagraria@gmail.com. Kami akan memuatnya di situs ini. Dan, mari kita membicarakannya.

Senin, 01 Maret 2010

Selamat Datang!

Mengikuti perkembangan sebuah studi tertentu melalui karya-karya ilmiah bisa dilakukan dengan membaca jurnal-jurnal akademik. Tiap jurnal akademik memiliki spesifikasi bidang studi tertentu, dan dengan demikian menjadi bagian tak terpisah dari jaringan komunitas bidang studi tertentu pula.

Misalnya saja, mereka yang secara umum tertarik dalam studi pembangunan, akan terus mengikuti Journal of Development and Change, Progress in Development Studies, World Development, Development in Practice, dan sebagainya. Sementara mereka yang secara khusus menjadi warga dalam bidang multidisiplin geografi manusia akan terus membaca terbitan-terbitan dari Progress in Human Geography, Antipode – A Radical Journal of Geography, Singapore Journal of Tropical Geography, Geography Compass, dan seterusnya. Untuk bidang studi yang lebih khusus, seseorang yang menjadi warga dari komunitas studi agraria tidak akan melewatkan diri untuk terus mengikuti terbitan Journal of Peasant Studies dan Journal of Agraria Change – untuk sekedar menyebut dua tonggak jurnal studi agraria yang tersohor.

Jika mencermati, masing-masing jurnal yang tadi telah disebut memiliki rubrik tinjauan buku (book review). Apa fungsinya? Membaca tinjauan buku sejatinya adalah upaya memelihara kewargaan diri dalam disiplin atau bidang studi tertentu, tidak peduli apakah seseorang bekerja di dalam atau di luar dunia akademik. Dengan membaca tinjauan buku, pembaca mengetahui terlebih dahulu isi suatu naskah buku dan evaluasi atas sumbangan yang dibuat oleh buku itu. Bila tertarik oleh suatu karya tinjauan buku tertentu, maka ia akan tergerak untuk mencari dan membaca naskah buku tersebut. Nah, bila ini yang terjadi, tujuan dari tinjauan buku itu telah tercapai.

Di sisi lain, lazimnya, para penulis buku mengandalkan tinjauan buku yang dipublikasi oleh jurnal-jurnal akademik untuk mengetahui seberapa baik daya terima, apresiasi dan kritik terhadap buku yang baru dipublikasi itu. Penerbit-penerbit umumnya memberikan layanan khusus, seperti mengirimkan buku tertentu secara gratis, pada orang-orang yang berminat membuat tinjauan buku atas buku itu.

Koran atau majalah mingguan/bulanan juga memiliki rubrik khusus yang di Indonesia biasa disebut Resensi Buku atau Tinjauan Buku. Rubrik ini tidak terikat dalam suatu bidang studi tertentu, melainkan untuk buku-buku yang menurut penilaian redaksi menarik minat pembaca.

Di Amerika, koran terkenal yang mengkhususkan pada tinjauan buku adalah The New York Review of Books. Sayang, di Indonesia sendiri hingga saat ini belum ada lagi media yang memfokuskan pada tinjauan buku. Sekitiar tahun 1980-an media seperti ini pernah ada. Namanya Optimis – buletin Bulanan Himpunan Masyarakat Pencinta Buku (Himapbu). Optimis diterbitkan oleh Lembaga Penunjang Pembangunan Nasional (Leppenas) dan ditujukan sebagai media informasi bagi anggota Himapbu mengenai perbukuan, dalam rangka mengembangkan minat baca masyarakat.

Kelangkaan media yang memfokuskan pada tinjauan buku ini memicu kami untuk menerbitkan situs Agraria Dotkom dengan spesifikasi pada karya ilmiah tentang studi agraria. Meski demikian, untuk membuka peluang mengikuti perkembangan studi agraria lebih lebar lagi, dalam situs Agraria Dotkom ini suatu tinjauan tak hanya dibuat untuk mengkaji isi buku melainkan juga karya ilmiah dalam beragam bentuk lainnya.

Sementara itu, tulisan-tulisan yang sifatnya informatif dan memberitakan (news) akan ditampilkan untuk tujuan mendukung, menambah pengetahuan dan mengikuti perkembangan dalam studi agraria. Ini seperti misalnya definisi istilah dalam studi agraria, perkembangan metoda penyebarluasan (pengajaran) studi agraria, biografi ringkas tokoh agraria ataupun topik-topik terkini lain yang tengah ramai dibicarakan.

Kami akan memulai dengan memperkenalkan mengenai apa itu Ikhtisar Studi Agraria kepada Anda. Selamat menikmati dan silakan berpartisipasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar