Anda sudah selesai membaca sebuah karya tentang studi agraria? Tuliskan kembali ringkasan bacaan Anda dan kirimkan ke : studiagraria@gmail.com. Kami akan memuatnya di situs ini. Dan, mari kita membicarakannya.

Senin, 01 Maret 2010

Mengenai Ikhtisar Studi Agraria

Apa itu Ikhtisar Studi Agraria?
Sebuah ikhtisar pada hakekatnya (seturut KBBI) adalah suatu ringkasan atau sebuah pemandangan ringkas (yang penting-penting saja). Tanpa mengurangi bobot dari keseluruhan karya yang disajikan, keberadaan sebuah ikhtisar penting untuk melakukan pemahaman terhadap argumentasi yang dikemukakan dalam sebuah karya.

Ikthisar Studi Agraria (atau yang selanjutnya disebut ISA saja) menurut definisi kami kemudian adalah suatu pemandangan ringkas (atau yang kemudian akan disebut sebagai suatu tinjauan) terhadap karya-karya ilmiah tentang studi agraria baik yang berupa buku, bab dalam suatu buku, hasil penelitian, artikel dalam jurnal akademik, laporan studi, kertas kerja – yang sudah ataupun belum diterbitkan.

Bagaimana kedudukan ikhtisar dalam dunia akademik?
Adalah suatu kelaziman dalam dunia akademik bahwa mahasiswa dan dosen – bahkan bagi yang sudah mencapai tingkat profesor pun – membuat atau menuliskan sebuah ikhtisar dari suatu karya atau buku, yang biasa dikenal sebagai tinjauan buku (book review). Tujuan utamanya adalah agar para intelektual di dunia akademis itu selalu mengikuti perkembangan terbaru yang muncul seturut studi yang tengah ditekuninya. Membuat tinjauan buku bukan sekadar membuat ringkasan isi buku, melainkan juga melakukan analisis, pendapat, dan kritik (jika ada) terhadap argumentasi yang dikemukakan.

Dalam situs ini, sebagaimana sudah tersebut dalam definisi sebelumnya, ikhtisar yang dimaksud bukan saja suatu tinjauan terhadap sebuah buku melainkan juga karya ilmiah mengenai studi agraria dalam berbagai bentuk lainnya.

Penyebarluasan ikhtisar adalah tahap berikutnya yang sebaiknya dilakukan oleh penulis. Tujuannya pertama adalah menyebarluaskan kepada publik mengenai keberadaan karya tersebut (sifatnya adalah memberitakan/news). Kedua, mempermudah para peminat studi lainnya dalam mengikuti perkembangan pengetahuan. Ketiga, untuk mengasah kemampuan analisis dengan mengemukakan pandangan atau kritik terhadap hasil karya tersebut. Keempat, jika umpan dari penulis ikhtisar kemudian mendapatkan tanggapan dari publik maka akan tercipta suatu forum diskusi yang secara tidak langsung menjadi media untuk mengasah kemampuan masing-masing pesertanya.

Dalam dunia akademik, kemampuan pemahaman, analisis, kritis dan selalu mengikuti perkembangan yang terjadi adalah suatu keharusan. Nah, dikarenakan apa yang akan kita bicarakan dalam situs ini adalah studi agraria, dari penjelasan tersebut bisa dikemukakan bahwa keberadaan ikhtisar - yang dalam hal ini yang dimaksud adalah ISA - dalam studi agraria secara keseluruhan adalah penting adanya.

Siapa saja yang bisa menulis ISA di situs Agraria Dotkom?
Tak dipungkiri bahwa untuk menuliskan suatu tinjauan terhadap suatu karya ilmiah memerlukan kemampuan pemahaman dan analisis tertentu. Namun, kami berpendapat bahwa kegiatan ini bukanlah melulu monopoli mahasiswa dan dosen. Siapa saja, asalkan berminat untuk menekuni suatu studi tertentu sangat dianjurkan untuk selalu mengikuti perkembangan yang terjadi terkait dengan studi tersebut. Demikian pula dengan penulisan ISA. Para penggiat lapangan atau pecinta studi agraria dari kalangan non-akademis bisa saja melakukannya. Kami yakin, keduanya pasti memiliki pendapat tersendiri terhadap suatu karya berdasarkan pengalaman empirik maupun teoritik yang diperolehnya secara individual.

Dan karena itupula, kami memprakarsai penyebarluasan ISA melalui situs Agraria Dotkom. Kegiatan ini bukan hanya untuk membantu para peminat studi agraria mengikuti karya-karya terbaru dan penting untuk dipahami dalam studi agraria, namun bisa juga karya lama lainnya yang juga tak kalah pentingnya.

Lebih dari itupula, kami ingin mengajak para pecinta studi agraria untuk terus membiasakan diri dalam mengkaji karya-karya studi yang lahir dari waktu-ke-waktu. Kebiasaan ini adalah dasar yang kokoh bagi pemunculan pemikiran kritis dalam dunia akademik.

Kami yakin jika kebiasaan ini diimbangi dengan ketekunan dan kemauan untuk menempa diri secara terus-menerus, akan lahir generasi baru studi agraria di Indonesia yang berakar dalam dan sanggup menghadapi kompleksitas perubahan agraria di abad dua puluh satu ini.

Undangan
Mengawali pengaktifan situs Agraria Dotkom ini, kami mengundang teman-teman yang berminat pada pengembangan studi agraria untuk membuat ISA. Kami sangat menganjurkan agar penulis ikhtisar menunjukkan arti penting dari karya yang dikaji itu. Mengenai pedoman pembuatan ISA untuk situs Agraria Dotkom ini dapat dibaca pada tulisan berikutnya.

Jika ISA sudah selesai ditulis, silakan Anda mengirimkannya ke email: studiagraria@gmail.com. Selain memuatnya dalam situs Agraria Dotkom, kami juga akan menyebarluaskan naskah itu melalui E-group Studi Agraria.

Untuk saat ini, tidak ada honorarium untuk naskah yang dikirimkan. Naskah yang dikirimkan akan terlebih dahulu dibaca oleh moderator dan diedit bila dianggap perlu (dengan catatan, editing hanya bersifat redaksional saja).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar